Pengertian Narkoba

Narkoba yang merupakan kependekan narkotika, psikotropika, dan bahan zat adiktif lainnya. Menurut undang-undang No. 22/1997, Narkotika adalah zat atau obat-obatan yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis maupun sistematis, yang dapat menurunkan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. Menurut undang-undang No. 5/1977, psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkoba yang berkhasiat psikoatif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan prilaku.
Jenis-jenis narkoba meliputi narkotika (morfin, putau/heroin, ganja, sabu-sabu, cimeng, mariyuana, dan hashish) kokain, opium, opioida, morfin, dan metadon.
DiIndonesia peredaran Narkoba semakin meresahkan. Bahkan sangat mengerikan, Narkoba tidak pandang bulu, siapapun dapat menjadi korbannya. Kalangan remaja dan mahasiswa dikenal paling dekat, bukan sebatas minum-minuman keras, melainkan pecandu barang haram ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa banyak korban berjatuhan dari kalangan generasi muda ini.
Salah satu contoh peristiwa tragis ini menimpa kematian Litha Krisnawati, seorang pelajar SMA berusia belasan tahun dijakarta, ia meninggal karena disuntik narkoba secara paksa oleh teman-temannya. Tentu kita masih ingat juga bahwa grup band dan personilnya menjadi pecandu narkoba. Bukankah akhir-akhir ini banyak kalangan artis, selebritis atau golongan hippies sering mengkonsumsi narkoba.
Melihat bahaya narkoba yang sangat besar ini kita harusnya selalu berusaha untuk menjauhinya, dalam hal ini kita punya pegangan, selain dari informasi dari masyarakat ada fakta yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah, berupa hasil surve, kebetulan kita baru saja melakukan surfe yang dapat dilaksanakan secara bersama-sama pranata Universitas Indonesia dan hasilnya sangat mengejutkan. Dari sekitan banyak ibu kota, ada 3,90% dari 100 anak mulai dari SMP sampai keperguruan tinggi yang memakai narkoba, ini merupakan angka yang sangat besar, sebelum generasi hancur mari kita berkomitmen bersama-sama "perangi Narkoba" Atau "Granat (Gerakan Anti Narkoba).

0 Response to "Pengertian Narkoba"